PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 3 PANYABUNGAN T.P 2012/2013

Nurhalimah, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 3 PANYABUNGAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar menguasai teori dasar elektronika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X SMK N 3 Panyabungan T.P 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 3 Panyabungan yang beralamat di Jl. Bhayangkara No.1 Gunung Tua – Panyabungan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 3 Panyabungan dengan jumlah 29 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah (17,24%) yang termasuk kategori aktif. Pada siklus II rata – rata observasi aktivitas adalah (86,20%) yang termasuk kategori aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 68,96% Selain itu, tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 13 orang dari 29 siswa yang mendapat nilai &#8805;70 atau sebesar ( 44,82%) dan 16 siswa mendapat nilai<70 atau sebesar (55,17%), dengan nilai rata-rata 69,48. pada siklus II siswa yang memperoleh nilai &#8805;70 sebanyak 27 orang (93,10%) dan siswa yang memperoleh nilai <70 sebanyak 2 orang (6,89%) dengan nilai rata-rata 84,48. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan siswa dalam proses belajar mengajar khususnya dalam bidang menguasai teori dasar elektronika. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengenal komponen elektronika siswa kelas X SMK N 3 Panyabungan T.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSilitonga, Marsangkap19601215198611001
Call Number: 621.381 071 9 Nur p
Keywords: Model Pembelajaran; Make A Match; Aktivitas Belajar Siswa; Hasil Belajar; Kegiatan Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item View Item