PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PEAR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI ALAT UKUR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN

Anwar, Aldi Aulia (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PEAR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI ALAT UKUR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pear Share dalam pembelajaran menguasai alat ukur listrik dan elektronika pada siswa kelas X Semester II SMK Swasta Melati Perbaungan,yang berjumlah 30 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment). Teknik pengumpulan data dijaring dengan mengunkan posttest berupa test kognitif pilihan ganda dan test psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif,dengan mencari rata-rata nilai(mean) , standar deviasi dan varian total. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05 dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z pada taraf kepercayaan(α) sebesar 0,05. Penelitian ini menunjukan bahwa (1) rata-rata hasil belajar menguasai alat ukur listrik dan elektronika adalah sebesar 78,56. (2) rata-rata hasil belajar menguasai alat ukur listrik dan elektronika yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Kooperatif TPS lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 70. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menguasai alat ukur listrik dan elektronika dengan model pembelajaran Kooperatif TPS yang Hipotesis (Ha) berbunyi hasil belajar mungasai alat ukur listrik dan elektronika lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimal. di terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSitorus, Panahatan19571011.19861.1.002
Call Number: 621.381 071 9 Anw p
Keywords: Hasil Belajar; Alat Ukur Listrik; Elektronika; Model Pembelajaran; Ampere Meter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18918

Actions (login required)

View Item View Item