IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR KOMPETENSI GURU SMA NEGERI DI KOTA MEDAN

Seriani, (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR KOMPETENSI GURU SMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136132073 COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136132073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136132073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136132073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136132073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136132073 TABLES.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136132073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136132073 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136132073 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM. 8136132073 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM. 8136132073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan, melalui (1) mendeskripsikan faktor komunikasi dalam implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan, (2) mendeskripsikan faktor sumber daya dalam implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan, (3) mendeskripsikan faktor disposisi dalam implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan, (4) mendeskripsikan faktor struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden terdiri dari pihak Dinas Pendidikan kota Medan, Pengawas SMA kota Medan, Kepala SMA Negeri di kota Medan, dan guru SMA Negeri di kota Medan. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada pendapat Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi mempengaruhi implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan. Pada faktor komunikasi, sosialisasi kebijakan standar kompetensi guru tidak dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. Selanjutnya pada faktor sumber daya ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki dalam pelaksanaan standar kompetensi guru belum memadai. Kemudian pada faktor disposisi, para pelaksana kebijakan memiliki sikap atau persfektif yang mendukung kebijakan. Pada faktor struktur birokrasi, SOP yang digunakan hanya mengacu pada Permendiknas No. 16 Tahun 2007 karena dalam hal ini belum ada Peraturan Daerah terkait standar kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRangkuti, Irsan196103231987031001
Thesis advisorPurba, Saut196108061987031012
Call Number: 371.11 Ser i
Keywords: Kompetensi guru; Konsep implementasi kebijakan; Standar kompetensi guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item