PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015,

Turnip, Rini (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015,. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2113311061 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2113311061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2113311061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2113311061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2113311061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2113311061 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2113311061 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2113311061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2113311061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2113311061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2014/2015yang berjumlah 288 orangdan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 32 sorang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan strata, random, atau daerah tetapi di dasarkan atas adanya tujuan tertentu. . Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test 63,44, standar deviasi 10,35, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 60 sebanyak 10 siswa atau sekitar 31,25%. Nilai rata-rata post-test 77,50, standar deviasi 10,47, dan penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 11 siswa atau sekitar 34,37%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t_(o )sebesar 5,32. Selanjutnyat_o dikonsultasikan dengan t_(tabel ), pada taraf signifikan 5% = 2,04, karena t_o yang diperoleh lebih besar dari t_tabelyaitu 5,32>2,04, makaH_o(Hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima. Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran penemuan (discovery learning) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSigalingging, H195110311981031001
Call Number: SK-2016 IND 030
Keywords: Model Discovery Learning; Menulis Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1884

Actions (login required)

View Item View Item