IMPLEMENTASI SUPERVISI MODEL KLINIS DIREKTIF BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI KOTA MEDAN

Nainggolan, Hotnauli (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI MODEL KLINIS DIREKTIF BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136131004 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136131004 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136131004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Supervisi Model Klinis Direktif Berbasis Manajemen Pendidikan dapat Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Medan. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah dengan analisis deskriptif. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian 15 guru. Teknik pengumpulan data dengan menerapkan supervisi model klinis model direktif berbasis manajemen pendidikan dengan 3 tahap, yaitu tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan menggunakan lembar instrumen penilaian kinerja guru terhadap guru-guru oleh pengawas, kepala sekolah dan peneliti. Hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) pada tahap Prasiklus, skor rata-rata nilai kinerja guru 28.27 yakni sebesar 50.48 %. (2) pada tahap Siklus I, skor rata-rata nilai kinerja guru 39.42 yakni sebesar 70.40 %. (3) pada tahap Siklus II, skor nilai rata-rata kinerja guru 49.36 yakni 88.13 %, dimana pada tahap siklus II (rencana – tindakan – observasi - refleksi) disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP tergolong tinggi, memilih metode yang tepat, dan melengkapi instrument, hasil penilaian tersebut memberikan umpan balik terhadap guru. Tahap refleksi disimpulkan bahwa siklus II sudah tuntas dengan nilai ketuntasan ≥ 80 %. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Implementasi Supervisi Model Klinis Direktif Berbasis Manajemen Pendidikan dapat Meningkatkan Kinerja Guru. Untuk itu disarankan Supervisi Model Klinis Direktif Berbasis Manajemen Pendidikan agar diterapkan untuk meningkatkan kinerja guru yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Paningkat195304021977021001
Thesis advisorPurba, Sukarman196205231987031002
Call Number: 371.203 Nai i
Keywords: Hakikat kinerja guru; Manajemen pendidikan; Supervisi model klinis direktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item