PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2013/2014

Harahap, Chalid Musthafa H. (2014) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER 509321011.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN 509321011.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 509321011.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR 509321011.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI 509321011.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL 509321011.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN 509321011.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 509321011.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 509321011.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 509321011.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Sistem bahan bakar bensin dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, membuat banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem bahan bakar bensin pokok bahasan memelihara/servis komponen sistem bahan bakar bensin dengan menggunakan metode Problem Solving di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan I SMK Swasta Teladan Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan I SMK Swasta Teladan Medan tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 40 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 74,84 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 20 orang (50%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama diperoleh rata-rata 37,5% dan pada pertemuan kedua diperoleh rata-rata 57,5% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 90,35 dengan ketuntasan belajar sebanyak 36 orang (90%) yang telah tuntas dan 4 orang (10%) masih belum tuntas sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama diperoleh rata-rata 74,5% tergolong sedang dan pertemuan kedua diperoleh nilai 82,5% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sistem bahan bakar bensin pokok bahasan memelihara/servis komponen sistem bahan bakar bensin dari pretes rata-rata hasil belajar 41,2 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 74,84 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 90,35.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
TeacherLisyanto, 196607061993031002
Call Number: 629.046 071 Har p
Keywords: Metode; Problem Solving; Hasil Belajar; Sistem Bahan Bakar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18823

Actions (login required)

View Item View Item