PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Naibaho, Sri Rezeki Ramadhani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123311079 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123311079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123311079 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123311079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123311079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123311079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123311079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123311079 BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2123311079 BAB V.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123311079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik teks cerpen oleh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 234 orang yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang diambil dengan teknik random sampling. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 63,62, standar deviasi = 7,15, dan termasuk kategori baik sebanyak 14 orang atau 35%, kategori cukup sebanyak 23 orang atau 57,5%, kategori kurang sebanyak 3 orang atau 7,5%. Nilai rata-rata post-test = 76,5, standar deviasi = 8,38, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 11 orang atau 27,5%, kategori baik sebanyak 22 orang atau 55%, kategori cukup sebanyak 7 orang atau 17,5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,36 dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 40-1 = 39 diperoleh nilai ttabel 2,02. Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 7,36 > 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan atas penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Cerpen Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSigalingging, H195110311981031001
Call Number: SK-2016 IND 041
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Penemuan; Mengidentifikasi; Unsur intrinsik teks cerpen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item View Item