PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMANGKASAN RAMBUT DASAR (SOLID) DI KELAS X SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013

Magdalena, Tiarni (2013) PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMANGKASAN RAMBUT DASAR (SOLID) DI KELAS X SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508343041 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Bab I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Bab V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508343041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana hasil belajar pemangkasan rambut dasar Solid siswa Kelas X-1 SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam dengan Metode Konvensional (2) bagaimana hasil belajar Pemangkasan Rambut Dasar (Solid) siswa Kelas X-2 SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam dengan menggunakan Metode Latihan (3) apakah terdapat perbedaan antara Metode Latihan dengan Metode Konvensional terhadap hasil belajar Pemangkasan Rambut Dasar (Solid) siswa Kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Kecantikan SMK Pemda Lubuk Pakam tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Kecantikan SMK Pemda Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 50 orang. Kedua kelas digunakan sebagai sampel, sehingga kelas X-1 dilaksanakan Metode Konvensional sedangkan X-2 dilaksanakan Metode Latihan dalam pembelajaran, dimana setiap kelas terdiri dari 25 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Metode analisis data menggunakan data deskriptif dengan mencari nilai rata-rata dan standar deviasi dari data masing-masing variabel. Berdasarkan analisis data, diperoleh (1) hasil belajar rambut dasar Solid siswa Kelas X-1 SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam dengan Metode Konvensional memiliki rata–rata skor = 7,76 ; Standar Deviasi = 0,93; skor tertinggi = 9,00 dan skor terendah = 5,67 dengan jumlah sampel 25 orang, (2) hasil belajar pemangkasan rambut dasar Solid siswa Kelas X-2 SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam dengan menggunakan Metode Latihan memiliki rata-rata skor = 8,60; Standar Deviasi = 0,35 ; skor tertinggi = 9,00 dan skor terendah = 7,67 dengan jumlah sampel 25 orang, (3) setelah dilakukan perhitungan diperoleh thitung = 4,263 dan ttabel = 1,684 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa hasil belajar Pemangkasan Rambut siswa yang diajar dengan Metode Latihan lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Metode Konvensional. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu Metode Latihan lebih baik dari Metode Konvensional. Implikasi penelitian ini yaitu hasil belajar Pemangkasan Rambut siswa yang diajar dengan Metode Latihan lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Metode Konvensional. Berdasarkan hasil pengamatan praktek Pemangkasan Rambut, diperoleh bahwa rata-rata skor pengamatan hasil praktek Pemangkasan Rambut siswa yang diajar dengan Metode Latihan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil praktek siswa yang diajar dengan Metode Konvensional, yaitu 8,60 > 7,67 maka terdapat pengaruh yang singnifikan antara kelas X-2 yang di ajarkan dengan Metode Latihan dengan kelas X-1 yang di ajarkan Metode konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiahaan, Riana Friska19570717198503002
Call Number: 646.724 071 Mag p
Keywords: Metode; Latihan; Konvensional; Rambut; Hasil Belajar; Pemangkasan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item