HUBUNGAN MOTIVASIBELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PENATAAN SANGGUL POLAASIMETRIS PADA MATA PELAJARAN PENATAAN SANGGUL PADA SISWA KELAS XIJURUSAN RAMBUT SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Depari, Anastassia, Wulantarie HUBUNGAN MOTIVASIBELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PENATAAN SANGGUL POLAASIMETRIS PADA MATA PELAJARAN PENATAAN SANGGUL PADA SISWA KELAS XIJURUSAN RAMBUT SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508343002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman Hubungan MotivasiBelajar Siswa Terhadap Kemampuan Melakukan Penataan Sanggul PolaAsimetris Pada Mata Pelajaran Penataan Sanggul pada Siswa Kelas XI JurusanRambut SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Masalah diangkat dalampenelitian ini adalah kategori motivasi belajar siswa dengan kemampuanmelakukan penataan sanggul pola asimetris.Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Rambut SMKNegeri 8 Medan sebanyak 30 orang. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Alat pengumpul datayang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa dan lembar pengamatan.Angket dan lembar pengamatan yang digunakan oleh penelitian perluuntuk diuji cobakan . Hasil uji coba instrumen angket motivasi belajarmenunjukan bahwa dari 45 pernyataan angket motivasi belajar siswa, 39 itemdinyatakan valid dan 6 item tidak valid dengan indeks reliabilitas 0,877(kategoritinggi). Pengambilan data penelitian, peneliti didampingi oleh tiga orangpengamat merupakan dua orang pengamat merupakan Dosen Tata Rias DiUNIMED yang sudah berpengalaman, sedangkan satu orang merupakanmahasiswa semester akhir Jurusan Tata Rias. Dari hasil pengamatan oleh ketigapengamat maka disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan penilian diantara ketigapengamat tersebut dimana Fo< Ft (0,19 < 4,07), sehingga lembar pengamat layakdigunakan untuk menjaring data penelitian yang sebenarnya.Pada uji kecenderungan dari 30 orang sampel penelitian menunjukkanbahwa tingkat motivasi belajar siswa diperoleh 8 orang (26,66%) cenderungtinggi, 17 orang (56,66%) cenderung cukup, 5 orang (16,66%) cenderung kurangyang memiliki motivasi belajar. Dari uji hipotesis penelitian dengan mengunakanrumus korelasi Product Moment dengan nilai &#931;X sebesar 3470, nilai &#931;Y sebesar299 dan nilai &#931;XY sebesar 34660,75 maka diperoleh rxy sebesar 0,99 sehinggaharga rxy > rtabel yaitu 0,99 > 0,329. Dengan demikina dinyatakan bahwa hipotesisyang diajukan diterima pada taraf signifikan 0,05. Terdapat Hubungan MotivasiBelajar Siswa (X) terhadap Kemampuan Melakukan Penataan Sanggul PolaAsimetris (Y) Pada Siswa Kelas XI Jurusan Rambut SMK Negeri 8 Medan TahunAjaran 20012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFridiarty, Lelly195812131986012001
Call Number: 646.72 Dep h
Keywords: Motivasi Belajar; Siswa; Kemampuan; Penataan; Sanggul; Pola Asimetris; Persiapan Area Kerja; Pribadi; Lenan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18792

Actions (login required)

View Item View Item