PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO (TAV) DI SMK NEGERI 1 PANGKATAN KABUPATEN LABUHAN BATU T.P 2012/ 2013

Zulfikar, Agus (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO (TAV) DI SMK NEGERI 1 PANGKATAN KABUPATEN LABUHAN BATU T.P 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
5083331003 Cover.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003- Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003 Bab I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003 Bab V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5083331003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ada pada penelitian ini adalah masalah rendahnya nilai hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Elektronika siswa kelas X Audio Video (AV) SMK Negeri 1 Pangkatan yang masih dibawah nilai KKM ≤ 70 disekolah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Elektronika dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) melaluhi Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research) pada siswa kelas X AV SMK Negeri 1 Pangkatan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas X yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 16 Laki-laki dan 8 perempuan.Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 24 orang siswa diperoleh 5 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 22,83% dan 19 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 79,17%, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 54,17% dan 11 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 45,84%. Pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase 87,50% dan 3 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 12,5%. Jadi dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 33,34%. Dari hasil observasi, pada siklus I kegiatan guru dalam mengajar diperoleh nilai rata-rata 78,125 dan kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran diperoleh nilai rata-rata 69,44. Sedangkan pada siklus II ternyata terjadi peningkatan dimana kegiatan guru dalam mengajar memperoleh nilai 89,06 dan kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai 88,89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video (TAV) di SMK Negeri 1 Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu T.P 2012/ 2013. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disarankan kepada guru, khususnya guru membangun agar dapat menggunakan penerapan model pembelajaran CTL sebagai pembelajaran untuk siswa khususnya sebagai alternative dalam meningkatkan hasil belajar. Serta meningkatakan aktivitas dari guru dan siswa dalam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Paningkat195304021977021001
Call Number: 621.381 071 Zul p
Keywords: Elektronika; Pembelajaran; CTL; Konstektual; Penilaian; Konstruktivisme
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18775

Actions (login required)

View Item View Item