PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTERDENGAN MENGGUNAKAN CD TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIKDIGITAL DAN APLIKASI SEDERHANA DI SMK NEGERI 4 TANJUNGBALAI TAHUNAJARAN 2012/2013. SKRIPSI, FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN,2013.

Anam, Shofiul, (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTERDENGAN MENGGUNAKAN CD TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIKDIGITAL DAN APLIKASI SEDERHANA DI SMK NEGERI 4 TANJUNGBALAI TAHUNAJARAN 2012/2013. SKRIPSI, FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN,2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508331037 Cover.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331037 Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331037 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331037 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331037 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331037 Bab I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331037 Bab V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

aplikasi sederhana dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasiskomputer menggunakan CD tutorial lebih tinggi dari siswa yang diajar denganpembelajaran ekspositori pada siswa SMK Negeri 4 Tanjungbalai.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik komputerdan jaringan SMK Negeri 4 Tanjungbalai tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitianini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan SMKNegeri 4 Tanjungbalai yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 108 orang. Penarikansampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara random atau acak berdasarkanhomogen siswa, sehingga sampel penelitian ini dilaksanankan pada dua kelas dimanapembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan CD tutorial pada kelas XTKJ1 dan pembelajaran ekspositori pada kelas X TKJ2, yang setiap kelas tersidiri dari36 siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianeksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif.Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilifors pada taraf kepercayaan (&#945;)sebesar 0,05. Pada pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan CD tutorialdiperoleh Lhitung = 0,1165 dan Ltabel = 0,1477 maka diperoleh Lhitung (0,1165) < Ltabel(0,1477) pada katagori normal, dan pada pembelajaran ekspositori diperoleh Lhitung =0,1239 dan Ltabel = 0,1477 maka diperoleh Lhitung (0,1239) < Ltabel (0,1477) padakatagori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran berbasis komputerdengan menggunakan CD tutorial dan pembelajaran ekspositori digunakan uji barlettpada taraf kepercayaan (&#945;) sebesar 0,05 diperoleh fhitung = 1,42 dan ftabel = 1,89 makadiperoleh fhitung (1,42) < ftabel (1,89) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalahhomogeny. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan (&#945;) sebesar 0,05 untukmenguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung= 3,225 dan ttabel = 1,9967 Sehingga thitung> ttabel dan diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar denganPembelajaran Berbasis Komputer Dengan Menggunakan CD Tutorial lebih tinggi darihasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 621.382 071 Ana p
Keywords: Belajar; Aplikasi; Komputer; Teknik Digital; Ekspositori
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item View Item