IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA INSTALASI LISTRIK SMK NEGERI 1 STABAT

Dalimunthe, Muhammad Jamal (2013) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA INSTALASI LISTRIK SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
5104131002 Cover.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Bab I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Bab V.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104131002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivatas dan hasil belajar siswa instalasi penerangan listrik bangunan sederhana dalam pengaplikasian dan pemasangan instalasi penerangan listrik bangunan sederhana dengan baik dan benar menurut PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) dengan menggunakan cara Implementasi Strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw pada siswa kelas X bidang keahlian Teknik Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana SMK Negeri 1 Stabat.Penelitian ini dilakukan pada kelas X Teknik Instalasi Listrik SMK Negeri 1 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana SMK Negeri 1 Stabat yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 (dua) siklus dan setiap siklus terdapat 2 (dua) kali pertemuan. Siklus I pada pertemuan 1 diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dengan persentase 52,7%, sedangkan pada pertemuan II sebanyak 25 orang dengan persentase 69,4%. Hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 37 dan pada pertemuan II memperoleh skor 43 dengan masing – masing persentase 66% dan 76,8%. Dari observasi siswa saat KBM terlihat bahwa keaktifan siswa pada pertemuan I dan pertemuan II belum mencapai 70%. Untuk observasi keaktifan kelompok pada pertemuan I belum ada kelompok yang mencapai keaktifan ≥ 70%, sedangkan pada pertemuan II terdapat 2 kelompok yang berhasil mencapai 70% . Pada siklus II dipertemuan III dan IV jumlah siswa yang tuntas sebesar 29 dan 34 orang dengan persentase 80,5% dan 94,4%. Pada observasi aktifitas guru dipertemuan III dan IV mencapai skor 50 dan 54 dengan persentase 89,2% dan 96,4%. Hasil observasi siswa saat KBM pada pertemuan IV persentase siswa yang aktif sudah lebih dari 70%. Untuk keaktifan kelompok pada pertemuan III hanya 1 kelompok yang belum mencapai persentase 80% sedangkan pada pertemuan IV seluruh kelompok telah melewati 80%. Dari paparan ini maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana kelas X Teknik Instalasi Lisrik SMK Negeri 1 Stabat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Nelson196005281986011002
Call Number: 621.307 1 Dal i
Keywords: Aktivitas; Prestasi belajar; Hasil belajar; Dasar strategi; Kelebihan; Pengantar tentang listrik; Tujuan PUIL; Perlengkapan; Papan hubungan bagi (PHB) Konsumen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18753

Actions (login required)

View Item View Item