UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT PADA KOMPETENSI PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (PKDLE) DI KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 2 BINJAI

Lubis, Fahrur Rozi (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT PADA KOMPETENSI PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (PKDLE) DI KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071255210036 Cover.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Bab I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Bab V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071255210036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran kooperatif script pada kompetensi penerapan konsep dasar listrik dan elektronika (PKDLE) di kelas X teknik komputer dan jaringan SMK Negeri 2 Binjai.Penelitian ini dilakukan dengan subyek penelitian yang berjumlah 36 orang. Obyek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan strategi kooperatif script pada kompetensi penerapan konsep dasar listrik dan elektronika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Dimana dalam satu siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan alokasinya 2 x 40 menit. Prosedural dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).Pembelajaran di desain dengan menggunakan strategi kooperatif script. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta lembar observasi untuk pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran.Hasil belajar Penerapan konsep dasar listrik dan elektronika siswa sebelum diterapkan strategi kooperaif script di kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 2 Binjai tergolong rendah. Nilai rata-rata adalah 68,50. Penerapan strategi kooperaif script dapat meningkat hasil belajar penerapan konsep dasar listrik dan elektronika siswa yang ditandai dengan terjadinya peningkatan. Nilai rata-rata kelas dari yang sebelumnya 71,8 pada siklus I menjadi 86,39 pada siklus II dan peningkatan presentase ketuntasan klasikal dari 69,44% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dari paparan ini maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBaharuddin, 196612311992031020
Call Number: 621.307 1 Lub u
Keywords: Belajar; Listrik; Elektronika; Kooperatif; Script
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18750

Actions (login required)

View Item View Item