HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN GAMBAR SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013

Siahaan, Erikson (2013) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN GAMBAR SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508111020 Judul.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Bab I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Bab V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508111020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar Siswa Kelas XI Program Keahlian Bangunan Gambar Smk Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013.dengan jumlahresponden 30 orang. Variabel lingkungan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) dijaring dengan angket. Hasil belajar MTD (Y) dijaring dengan tes. Dari uji instrument : Lingkungan Belajar (X1) 27 valid (2) Motivasi Belajar Valid 28 valid (3) hasil belajar MTD (Y) 26 soal Valid indek kesukaran MTD 21 soal sedang dan 7 soal mudah. Daya pembeda hasil belajar MTD 7 kategori jelek, 20 kategori, dan 3 kategori baik. Uji normalitas chi kuadrat : (1) lingkungan belajar (X1) &#967;² hitung = 10,109 < &#967;² tabel = 11,070, (2) Motivasi belajar (X2) &#967;² hitung = 7,909 < &#967;² tabel = 11,070, (3) hasil belajar MTD (Y) X2 hitung = 4,815 < &#967;² tabel = 11,070. Hasil uji variabel penelitian (1)persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 16,69 – 0,018 X1, uji coba kelinieran persamaan regresi atas X1 yaitu F1 hitung = 8,05 > F tabel = 4,18 mempunyai konstribusi yang linear dan berarti pada taraf signifikan 5%. (2) persamaan regresi Y atas X2 yaitu Y = 25,03 – 0,14 X2, uji coba keliniearan persamaan regresi Y atas X2 yaitu F hitung = 4,346 > F tabel = 4,18.Hasil analisis korelasi antar variabel hasil (1) X1 dan Y yaitu r hitung = 0,403 > r tabel = 0,361 (2)motivasi belajar X2 dan Y yaitu r hitung = 0,561 > r tabel = 0,361. Korelasi ganda antara X1 dan X2terhadap Y menunjukkan korelasi yang positif dan berarti dengan r = 0,806 dan R2 = 0,65 yang berarti 42,25% mata pelajaran MTD dapat berkonstribusi dengan lingkungan belajar, motivasibelajar dan hasil belajar menggambar teknik dasar cenderung. Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara lingkungan belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar MTD. Untukmeningkatkan hasil belajar MTD, perlu kiranya lingkungan belajar dan motivasi belajar guru maupun orangtua memberikan dorongan – dorongan positif kepada siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyana, Rachmat196810121993031005
Call Number: 690.107 1 Sia h
Keywords: Lingkungan belajar; Motivasi; Menggambar tehnik Dasar; Hasil belajar; Teknik bangunan; Gambar teknik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item View Item