UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KELISTRIKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN T.P 2012/2013

Samosir, Khairul Ihsan (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KELISTRIKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
508331022 Cover.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Abstrak.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Bab I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Bab V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
508331022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar dasar-dasar kelistrikan pada siswa kelas X SMK Swasta Melati Perbaungan T.P 2102/2013.Penelitian ini dilakukan di SMK Swata Melati Perbaungan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Program Keahlian Audio Video yang terdiri dari 19 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana dalam satu siklus terdapat dua kali pertemuan. Sebelum masuk perlakuan pra siklus diberikan pretes untuk mengetahui pengetahuan awal diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa dengan nilai rata-rata 49,21 dan presentase sebesar 10,53%. Pada siklus I diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dengan nilai rata-rata 72,37% dan persentase sebesar 52,63%. Pada siklus II diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dengan nilai rata-rata 79,21 dan presentase sebesar 89,47%. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 36,84 % . Dari hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) menunjukkan bahwa model pembelajaran Kontekstual (Contekxtual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar dasar-dasar kelistrikan pada siswa kelas X SMK Swasta Melati Perbaungan T.P 2012/2013.Kepala sekolah hendakknya memperhatikan bahwa model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) penting dilaksanakan bagi guru. Guru memerlukan perencanaan yang baik khususnya guru mata diklat Dasar-Dasar Kelistrikan dalam upaya meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). Dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Dasar-Dasar Kelistrikan dituntut aktivitas siswa dalam menggali berbagai informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Bagi peneliti lainnya, model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) kiranya digunakan pada materi lainnya untuk mata diklat Dasar-Dasar Kelistrikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Sukarman196205231987031002
Call Number: 621.307 1 Sam u
Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Kontekstual; Listrik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18735

Actions (login required)

View Item View Item