PENGARUH PENGGUNAAN MEDIAPEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASILBELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIANTEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN2012/2013.

Simbolon, Erika Farida Wati (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIAPEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASILBELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIANTEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
5104111001 Cover.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Bab I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Bab V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5104111001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarMenggambar Teknik Dasar siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar Menggambar Teknik Dasar dengan membandingkan Media PembelajaranBerbasis Komputer dan Pembelajaran Konvensional serta melihat karakteristiksiswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah dalam prosespembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjekpenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan denganjumlah siswa 68 orang yang terdiri dari kelas eksperimen untuk perlakuan denganMedia Pembelajaran Berbasis Komputer yaitu kelas Gambar Bangunan A (GBA)sebanyak 34 orang dan kelas kontrol untuk perlakuan dengan PembelajaranKonvensional yaitu Gambar Bangunan B (GBB) sebanyak 34 orang. Teknikpengambilan sampel digunakan cluster random sampling dengan metode danrancangan penelitian eksperimen desain anava 2x2. Variabel penelitian memenuhipersyaratan normalitas dikaji dengan uji Liliefors dan memenuhi persyaratanhomogenitas dengan uji Bartlett. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswayang diajar dengan Media Pembelajaran Berbasis Komputer lebih tinggi dari hasilbelajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional dengan perolehanFhitung 88,530 > Ftabel 3,991pada taraf signifikan &#945; = 0,05. Sedangkan hasil belajarsiswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari hasil belajar sisw yangmemiliki minat belajar rendah dengan perolehan Fhitung 103,060 > Ftabel 3,991 padataraf signifikan &#945; = 0,05. Serta tidak adanya interaksi antara penggunaan mediapembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar Menggambar TeknikDasar siswa. Dipeoleh Fhitung -109,250 < Ftabel 3,991 pada taraf signifikan &#945; =0,05. Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Komputer sesuaidigunakan pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi. SedangkanPembelajaran Konvensional sesuai digunakan pada siswa yang memiliki minatbelajar rendah. Dengan demikian Pembelajaran Berbasis Komputer dapatdigunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar MenggambarTeknik Dasar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTambunan, Iskandar195408031983031002
Call Number: 690.107 1 Sim p
Keywords: Konstruksi; Fungsi Media; Pembelajaran; Minat Belajar; Tehnik Bangunan; Gambar Tehnik; Bangunan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item View Item