HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN TEORI MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN HASIL BELAJAR AUTOCAD SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2012/2013

Sirait, Dewi Susana (2012) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN TEORI MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN HASIL BELAJAR AUTOCAD SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
kata pengantar- 071255310016.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK- 071255310016.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI- 071255310016.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1- 071255310016.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BaB V- 071255310016.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka- 071255310016.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Minat Belajar dan Penguasaan Teori Menggambar Teknik dengan Hasil Belajar AutoCAD Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2012/2013 dengan jumlah responden 62 orang. Data penelitian variabel Minat Belajar (X1) dijaring dengan angket, sedangkan variabel Penguasaan teori Menggambar Teknik (X2) dan Hasil Belajar AutoCAD (Y) dijaring dengan tes.Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel Minat belajar (X1) 33 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,917, pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel Penguasaan Teori Menggambar Teknik (X2) 27 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,870 pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar AutoCAD (Y) 27 soal yang valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,864 pada taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov. Dari uji normalitas yang dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan variabel X1, X2 dan Y mempunyai sebaran data yang normal. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel minat belajar (X¬1) dengan hasil belajar AutoCAD (Y) yaitu 0,604 berada pada rentang 0,35 – 0,65 menunjukkan hubungan sedang. (2) penguasaan teori menggambar teknik (X2) dengan hasil belajar AutoCAD (Y) yaitu 0,600 berada pada rentang 0,35 – 0,65 menunjukkan hubungan sedang pada taraf signifikansi 5%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar (X1) dengan hasil belajar AutoCAD (Y). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan teori menggambar teknik (X2) dengan hasil belajar AutoCAD (Y). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Minat Belajar (X1) dan penguasaan teori menggambar teknik (X2) dengan hasil belajar AutoCAD (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahman, Haikal197003251995121001
Call Number: 690 Sir h
Keywords: Minat Belajar; Teori Menggambar teknik; Hasil Belajar AutoCAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18698

Actions (login required)

View Item View Item