HUBUNGAN KREATIVITAS DAN PENGUASAAN PENGGUNAAN ALAT KERJA PRAKTEK KAYU DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTEK KONSTRUKSI KAYU PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK FURNITURE SMK NEGERI 1 MERDEKA, BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013

Pasaribu, Hilda Karolina (2012) HUBUNGAN KREATIVITAS DAN PENGUASAAN PENGGUNAAN ALAT KERJA PRAKTEK KAYU DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTEK KONSTRUKSI KAYU PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK FURNITURE SMK NEGERI 1 MERDEKA, BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
cOVER- 508111027.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
K PENGANTAR- 508111027.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK- 508111027.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1- 508111027.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I- 508111027.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V- 508111027.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA- 508111027.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kreativitas dan Penguasaan Penggunaan Alat Kerja Praktek Kayu Dengan Hasil Belajar Praktek Konstruksi Kayu Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Furniture SMK Negeri 1 Merdeka dengan jumlah responden 22 orang.Data penelitian variabel Kreativitas (X1) dijaring dengan angket. Penguasaan Penggunaan Alat Kerja Praktek Kayu (X2) dijaring dengan tes dan observasi aktivitas siswa. Dan Hasil belajar Praktek Konstruksi Kayu (Y) dijaring dengan Observasi.Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel Kreativitas (X1) 24 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,84 pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel Penguasaan Penggunaan Alat Kerja Praktek Kayu (X2) 26 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,80 pada taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan chi-kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel kreativitas (X1) yaitu &#967;²hit = 4,005 < &#967;²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) variabel penguasaan penggunaan alat kerja praktek kayu (X2) yaitu &#967;²hit = 5,062 < &#967;²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (3) variabel hasil belajar praktek konstruksi kayu (Y) yaitu &#967;²hit = 5,145 < &#967;²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu &#374; = 78,27 + 5,06X1, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Fhit = 0,49 < Ftab = 3,96 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu &#374; = 51,79 + 1,33X2, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhit = 1,08 < Ftab = 2,72 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel kreativitas (X¬1) dengan hasil belajar praktek konstruksi kayu (Y) yaitu rhit = 0,45 > rtab = 0,423 menunjukkan korelasi positif dan berarti. (2) penguasaan penggunaan alat kerja praktek kayu (X2) dengan hasil praktek konstruksi kayu (Y) yaitu rhit = 0,6 > rtab 0,423 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kreativitas (X1) dengan hasil belajar praktek konstruksi kayu (Y). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara penguasaan penggunaan alat kerja praktek kayu (X2) dengan hasil belajar praktek konstruksi kayu (Y). Dan terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara kreativitas (X1) dan penguasaan penggunaan alat kerja praktek kayu (X2) dengan hasil belajar praktek konstruksi kayu (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Toyama195901191987031002
Call Number: 690 Pas h
Keywords: Kreativitas Siswa; Alat Kerja Praktek Kayu; Hasil Belajar Furniture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18697

Actions (login required)

View Item View Item