PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sianturi, Era Oktarina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2113311022 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2113311022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2113311022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2113311022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2113311022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2113311022 PICTURE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2113311022 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2113311022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2113311022 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2113311022 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2113311022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 360 orang. Sampel yang diambil adalah 40 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah acak atau random. Data pemahaman diksi, pengimajian, kata konkret, rima dan bahasa figuratif (majas) oleh siswa dijaring dengan menggunakan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji liliefors. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan pada sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran dilakukan sebelum eksperimen disebut Pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut Post-test. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata Pre-test 58,87, standar deviasi 8,91, penyebaran nilai kategori baik sebanyak 5 orang atau sekitar 12,5 %. Nilai rata-rata Post-test 75,75, standar deviasi 10,87 penyebaran nilai kategori sangat baik sebanyak 22 orang atau sekitar 55%. Berdasarkan uji ini normalitas hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan diperoleh nilai thitung >ttabel yaitu 7,92> 1,68. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nihil) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Call Number: SK-2016 IND 047
Keywords: Model pembelajaran Think Talk Write (TTW); Menulis Puisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item