PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Addin, Muhammad (2012) PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persembahanku.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan antara lain : 1. Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen 2. Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah 3. Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode eksperimen dengan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan test, dimana test dilakukan sebanyak dua kali yaitu dengan menggunakan pre test dan post test, populasi dari penelitian adalah siswa kelas xi ips 1 dan xi ips 2 sma negeri 3 binjai tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 92 orang.Dari hasil test maka diketahui bahwa hasil test siswa yang diajar dengan menggunakan metode eksperimen lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Pernyataan ini didukung oleh hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan metode eksperimen dengan rata-rata = 23.87, sedangkan siswa yang diajar dengan ceramah dengan skor rata-rata = 21.17Dilanjutkan dengan uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar metode eksperimen dengan metode ceramah, terdapat perbedaan hasil belajar muatan lokal topic bahasan kreasi kain flannel dengan menggunakan metode eksperimen dengan yang menggunakan metode ceramah, yakni diperol,eh nilai untuk kedua penelitian yaitu thitung = 4.52 sedangkan ttabel = 1,99 pada taraf signifikasi α = 0.05. dengan demikian harga thitung > ttabel yaitu 4.52 > 1.99

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHilda, Nurwairi195806141982032002
Thesis advisorAdhikahriani, 196309061991032001
Call Number: 646 Add p
Keywords: Metode Eksperimen; Metode Ceramah; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18687

Actions (login required)

View Item View Item