UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PEMBUATAN POLA DASAR KEMEJA PRIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN (DRILL) DI KELAS XI SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2011/2012

Hasugian, Poibe Silsa (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PEMBUATAN POLA DASAR KEMEJA PRIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN (DRILL) DI KELAS XI SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_doc.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V_doc.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran Latihan (drill) sebagai usaha untuk meningkatkan keaktifan belajar dan kualitas pembelajaran pada pelajaran mengukur badan pria dan menggambar pola dasar kemeja pria. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasa XI Program Keahlian Tata busana di SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Sampel yang digunakan adalah sampel secara total sampling yaitu kelas XI sebanyak 30 siswa. Model penelitian meliputi sebagai berikut: (1). Pertemuan awal peneliti dengan guru mata pelajaan, untuk merencanakan tugas dan teknik pelaksanaa tindakan serta penyusunan instrument yang akan digunakan. (2). Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati dimana penelitian direncanakan terdiri dari 2 siklus yang akan dilakukan pada bulan April dan Mei 2012. Setiap siklus mencakup aktivitas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi atau evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan siswa mengukur badan pria dan menggambar pola kemeja pria, lalu di analisis dengan analisa persentase.Hasil dari penelitian tindakan kelas adalah model pembelajaran dengan model Latihan (drill) dapat diterapkan pada pembelajaran mengukur badan pria dan menggambar pola dasar kemeja pria. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada pelajaran mengukur badan pria mencapai ketuntasan belajar pada siklus I 19 orang (63,33%), menggambar pola dasar kemeja pria mencapai ketuntasan belajar 18 orang (60%) dan aktivitas belajar siswa sebesar (76,8%). Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat pada pelajaran mengukur badan pria mencapai ketuntasan 27 orang (90%), menggambar pola dasar kemeja pria mencapai ketuntasan 26 orang (86,67%),dan aktivitas belajar siswa sebesar (88,4%). Hal ini berarti penerapan model Latihan (drill) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran membuat pola dasar kemeja pria dari siswa kelas XI di SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012.Berdasarkan hasil penelitian yang diutarakan di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Latihan (drill) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pembuatan pola dasar kemeja pria dari siswa kelas XI di SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012 dapat diterapkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 646 Has u
Keywords: Hasil Belajar siswa; Pola Dasar Kemeja;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TS Manufactures > TS1300 Textile industries
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item