PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AJAR ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PERBAIKAN SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI TSM DI SMK TAMAN SISWA TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2011/2012

Rinaldi, Hendrian (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AJAR ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PERBAIKAN SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI TSM DI SMK TAMAN SISWA TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 BAB I.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255110032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ajar animasi macromedia flash terhadap hasil belajar perbaikan sistem rem pada siswa kelas XI TSM di SMK Taman Siswa Tebing Tinggi T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI semester genap yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 29 soal.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 69,62 dengan standar deviasi 9,12, dan nilai rata-rata pre test kelas kontrol 63,75 dengan standar deviasi 10,92. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1529 dan Ltabel = 0,166, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,07868 dan Ltabel = 0,1566, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,448 dan Ftabel = 1,808, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua tabel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode ceramah berbantuan media ajar animasi macromedia flash dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diperoleh post test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 82,78 dengan standar deviasi 8,55 dan kelas kontrol 71,09 dengan standar deviasi 13,4. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,1245 dan ttabel = 1,67057 sehingga thitung > ttabel (2,1245 > 1,67057) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan media ajar animasi macromedia flash terhadap hasil belajar perbaikan sistem rem pada siswa kelas XI TSM di SMK Taman Siswa Tebing Tinggi T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKhoiri, 195508011986011001
Call Number: 620 Rin p
Keywords: Media;Konvesional; Populasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18633

Actions (login required)

View Item View Item