PENGARUH MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE (INDUKTIF KATA BERGAMBAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015,

Damanik, Maylista (2016) PENGARUH MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE (INDUKTIF KATA BERGAMBAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015,. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2113311045 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2113311045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2113311045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2113311045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2113311045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2113311045 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2113311045 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2113311045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2113311045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2113311045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan sebanyak 204 orang. Sampel yang digunakan adalah homogeny berjumlah 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 75,50, sedangkan kelas kontrol adalah 67,1. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa setelah perlakuan (kelas eksperimen) lebih tinggi dari pada sebelum perlakuan (kelas kontrol). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh =3,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1 % dengan dk = (N1 +N2) -2 = (30+30) – 2 = 58. Pada tabel t dengan dk = 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan taraf signifikan 1% = 2,72. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,03<3,49>2,72 maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran induktif kata bergambar mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPulungan, Hendra Kurnia197707172006041001
Call Number: SK-2016 IND 019
Keywords: Model induktif: Kata Bergambar; Pembelajaran Langsung; Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item