PENERAPAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA DI KELAS X/I TATA BUSANA DI SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Hepiaini (2012) PENERAPAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA DI KELAS X/I TATA BUSANA DI SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode latihan pada mata pelajaran menghias busana di kelas X/I Tata Busana pada pokok bahasan membuat desain hiasan pada kain atau busana dengan teknik sulaman fantasi.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan pada tahun ajaran 2011/2012.Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X/I Tata Busana di SMK Negeri 8 Medan dengan sampel 32 orang. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) , dan alat pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Metode penelitian meliputi sebagai berikut : (1). Pertemuan awal oleh peneliti dengan guru mata pelajaran, untuk merencanakan tugas dan tehnik pelaksanaan tindakan serta penyusunan instrumen yang akan digunakan. (2). Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati dimana peneliti direncanakan 2 siklus yang akan dilakukan pada bulan April-Mei 2012. Setiap siklus mencakup aktivitas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan siswa membuat hiasan pada jilbab dengan menggunakan tehnik sulaman fantasi, lalu dianalisis dengan analisa persentase. Dengan menggunakan indikator keberhasilan tindakan sebesar 85% siswa mempeoleh nilai minimal 73.Hasil analisis setelah diberikan tindakan siklus I yaitu penerapan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar, dari nilai Tes Hasil Belajar I diperoleh nilai rata-ratanya 64,8. Sebanyak 12 siswa (37,50%) tuntas dalam belajar sedangkan 20 siswa (62,50%) belum tuntas. Ini berarti pada siklus I belum tercapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil analisis setelah diberikan tindakan siklus II yaitu, dari Tes Hasil Belajar II nilai rata-ratanya 75,46. Sebanyak 28 siswa (87,50%) tuntas dalam belajar sedangkan 4 siswa (12,50%) belum tuntas dalam belajar. Nilai standar ketuntasan belajar siswa dalam penelitian ini sebesar 73. Dari hasil tes yang dilakukan mulai dari pre tes, pos tes I dan pos tes II dapat dilihat adanya peningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran membuat hiasan busana. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan meletakkan motif sulaman fantasi pada jilbab di kelas X/I Tata Busana SMK N 8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 646.071 Hep p
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan; Hasil Belajar; Hiasan Busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 04 May 2018 09:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18624

Actions (login required)

View Item
View Item