PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DI SMK NEGERI 10 MEDAN T.A 2011/2012

Tarigan, Nia Astarina (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DI SMK NEGERI 10 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 BAB I.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255410071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperetif tipe STAD pada mata pelajaran memilih bahan baku busana di kelas X-2 Tata Busana sub kompetensi membuat tatakan gelas dengan teknik mengait. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Negeri 10 Medan pada tahun ajaran 2011/2012.Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 Tata Busana Di SMK Negeri 10 Medan dengan sample 35 orang. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan alat pengumpulan data yaitu observasi dan test.Metode penelitian ini meliputi; 1. Pertemuan awal oleh peneliti dengan guru mata pelajaran, untuk merencanakan tugas dan teknik pelaksanaan tindakan serta penentuan instrument yang akan digunakan, 2. Menyusan rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati dimana peneliti direncanankan 2 kali siklus telah dilakukan pada bulan Mei-Juni 2012. Setiap siklus mencangkup aktivitas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan test kemampuan siswa membuat tatakan gelas dengan menggunakan teknik mengait. Dengan menggunakan indikator keberhasilan klasikal 80 % siswa memperoleh nilai minimal 75.Sebelum pembelajaran dilakukan diadakan tes awal kemampuan dan keterampilan siswa dalam pembuatan tatakan gelas dengan teknik mengait dapat dikatakan masi rendah. Pernyataan tersebut dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata keseluruhan siswa 65,24 dengan kategori yang tuntas mengikuti pelajaran hanya 8 siswa (22,86%) dan yang tidak tuntas 27 siswa (77,14%).Selanjutnya pembelajaran dilaksanakan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar dengan nilai rata-rata 74,14 dengan kategori yang tuntas mengikuti pelajaran 22 siswa (62,86%) dan yang tidak tuntas 13 siswa (37,14%). Dengan melihat persentase nilai ketuntasan mengikuti pelajaran pada siklus I dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar pada siklus I belum memenuhi ketuntasan klasikal 80 %. Maka pembelajaran dilanjutkan ke siklus II dengan nilai rata-rata 75,05 dengan kategori tuntas 33 siswa (94,29%) dan yang tidak tuntas 2 siswa (5,21%). Dengan melihat hasil belajar pada siklus II dapat diketahui bahwa siswa telah mencapai ketuntasan klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperartif tipe STAD pada mata pelajaran memilih bahan baku busana dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan membuat membuat tatakan gelas dengan teknik mengait di kelas X-2 Tata Busana SMK Negeri 10 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTampubolon, Hotmaria195805281984032002
Call Number: 646 Tar p
Keywords: Kooperatif tipe STAD; Hasil Belajar; Mahasiswa; Bahan Baku Busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18609

Actions (login required)

View Item View Item