PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Lubis, Emna Multi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NM 061255310039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 BAB I.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 BAB V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061255310039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Product Moment. Suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% atau sama dengan (0,404), sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Dengan menerapkan Model Pembelajaran TTW pada siklus I aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat dimana rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 55 dan pada siklus II meningkat menjadi 71 dengan persentase peningkatan sebesar 16%.Rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran TTW adalah mengalami peningkatan, di mana dari siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69 dan pada siklus II menjadi 84,7 dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,7 %. Dari hasil peningkatan hasil belajar tersebut berarti bahwa Penerapan Model Pembelajaran TTW mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitanggang, Nathanael195808161984031001
Call Number: 690 Lub p
Keywords: Tes;Observasi;Siklus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18605

Actions (login required)

View Item View Item