PRAPENGARUH MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

SIMAMORA, FRANSISKA ANGELINA (2012) PRAPENGARUH MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 508111025 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar praktek kerja batu siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan model pengajaran langsung (direct instruction) lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar praktek kerja batu siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional (pembelajaran yang selama ini dipergunakan oleh guru mata pelajaran).Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Medan yang diambil secara acak pada kelas dengan undian sehingga didapat, Kelas X Batu dan Beton (X BB) sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan Kelas X Bangunan Gambar (X BG) sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Jadi total subjek yang diteliti adalah sebanyak 60 orang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dimana yang diteliti hanya hasil post-test praktek batu. Adapun instrumen penelitian ini adalah job sheet yang telah mengandung langkah-langkah untuk melakukan praktek. Dalam pengumpulan data, digunakan tes hasil belajar berupa tes praktek yang disusun oleh peneliti, guru mata pelajaran dan dosen pembimbing.Dalam uji normalitas post-test pada kedua kelas diperoleh bahwa Lhitung<Ltabel, sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada uji Homogenitas data post-test menunjukkan Fhitung =2,23 < FTabel = 4,008, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kedua kelas memiliki varians yang sama atau Homogen. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa, setelah kelas eksperimen dikenai pembelajaran model pengajaran langsung (direct instruction) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, nilai thitung dikonsultasikan dengan ttabel pada dk=60 dan &#945;=0,05, diperoleh harga ttabel = 2,0399, berarti thitung = 4,85 > ttabel = 2,0399, maka dinyatakan hipotesis diterima bahwa pembelajaran model pengajaran langsung (direct instuction) memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar praktek kerja batu pada siswa kelas X program keahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Rerata peningkatan hasil belajar mata diklat praktek kerja batu yang menggunakan pembelajaran model pengajaran langsung (direct instruction) pada siswa kelas X program keahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Konvensional. Dengan demikian pembelajaran model pengajaran langsung (direct instruction) memberi pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar mata diklat praktek kerja batu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorButar-butar, Ronald195711121981031007
Call Number: 690 Sim p
Keywords: Tembok; Pertemuan Siku-Siku ; Praktek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18602

Actions (login required)

View Item View Item