PENGARUH STRATEGI QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI

Habeahan, Tiurmida (2012) PENGARUH STRATEGI QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 COVER.pdf - Published Version

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 BAB 1.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 71255210031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kelas XI dalam bidang keahlian teknik istalasi tenaga listrik di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi tahun 2012. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI1 dan XI2 dimana XI1 = 31 orang dan XI2 = 29. Penarikan sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan sampling acak sehingga diperoleh 21 orang per kelas yaitu 21 orang untuk kelas eksperimen dan 21 untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektik. Untuk menguji normalitas digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan 0,05. Pada pembelajaran quantum teaching diperoleh Lhitung = 0,1700 dan Ltabel =0,1764 maka diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu : 0,1700<0,1764 pada kategori normal. Dan pada pembelajaran konvensional Lhitung = 0,1661 dan Ltabel =0,1764 maka diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu : 0,1661<0,1764 pada kategori normal.Homogenesitas antara pembelajaran quantum teaching dan konvensional digunakan uji Barlett dan membandingkan varians terbesar dan varians terkecil pada tarif kepercayaan &#945; = 0,05 diperoleh fhitung = 1,066 dan ftabel = 2,12 maka fhitung < ftabel = 1,066 < 2,12, dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf kepercayaan (&#945;=0,05) maka menguji hipotesis penelitian diperoleh, fhitung = 4,00 dan f tabel = 1,68 sehingga fhitung > f tabel = 4,00 >1,68 dan dapat kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi quantum teachiing lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilintonga, Marsangkap196012151986011001
Call Number: 621.3 Hab p
Keywords: Populasi; Sampel; Validitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18576

Actions (login required)

View Item View Item