dipilih tujuan classe universita average experiment sample type dianalisi problem there treated 107 education sibuhuan state terlihat conclude direct students' PULUNGAN instrumen terhadap selected bahwa come tesi VII angket 333 secara motivation terdiri masalah adalah result keyword student kemampuan wa untuk analysi besar tersebut learning medan interaction research ftabel ability between siswa uji program berdistribusi pascasarjana prior 347 taraf populasi langsung hasil rata disimpulkan course dapat yaitu 467 dalam mathematic using grade sampel significance normally university 733 distributed ANOVA 667 sekolah ABSTRACT pembelajaran kata varian studi CANDRA digunakan kela lane variance homogeneou berbasi level berasal graduate antara analyzed ABSTRAK ini analisi questionnaire experimental matematika many mengetahui subject satu used hal diberi ANAVA model 168 beginning homogen study PBM randomly consisted interaksi population test acak normal jeni seventh clas evident dua thesi based dimana pendidikan barumun school sebanyak jalur ALI negeri dan subyek greater purpose 354 than determine initial kunci komunikasi dengan data menggunakan yang difference skill math instrument lebih perbedaan signifikan penelitian whether quasi matematik sebagai belajar use apakah communication 2016 mathematical two CANRA dari learn SMP terdapat awal PL F0 fhitung motivasi one eksperimen perlakuan berdasarkan te 'motivation