UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fitri, Annisa (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3113311007 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3113311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3113311007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3113311007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3113311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3113311007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3113311007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3113311007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3113311007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3113311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 16 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perilaku Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat di Kelas VII SMP Negeri 16 Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together.Populasi terdiri dari 7 kelas yaitu 313 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-3 yang terdiri dari 45 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan.Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan tes tertulis.Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, rata-rata kelas diperoleh siswa sebanyak 48,44 dimana 41 orang siswa (91,1%) dinyatakan tidak tuntas dalam belajar karena mendapat nilai di bawah 75 sedangkan 4 orang siswa (8,9%) dinyatakan telah tuntas dalam belajar. Pada siklus I atau post test I nilai rata-rata siswa adalah 74,22, dimana 23 orang siswa (51,11%) dinyatakan tidak tuntas dalam belajar karena mendapat nilai dibawah 75 dan 22 orang siswa (48,89%) dinyatakan telah tuntas dalam belajar. Sedangkan pada siklus II atau post test II, nilai rata-rata siswa adalah 84 dimana 7 orang siswa (15,56%) dinyatakan tidak tuntas belajar karena mendapat nilai di bawah 75 dan 38 orang siswa (84,44%) dinyatakan telah tuntas belajar. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195610081985112001
Call Number: SK-2015 PKN 012
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Numbered Heads
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18492

Actions (login required)

View Item View Item