PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MULTIKULTURALISME DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2014-2015

Oktafiyani, Dwi (2015) PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MULTIKULTURALISME DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI pdf.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN pdf.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK pdf.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR pdf.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI SKRIPSI pdf.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL pdf.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I pdf.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB V pdf.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah adalah salah satu pembelajaran yang sarat akan nilai-nilai luhur termasuk di dalamnya nilai-nilai multikulturalisme yang sudah selayaknya ditanamkan kepada diri setiap siswa karena setiap siswa sudah pasti memiliki latar belakang yang berbeda baik dari segi agama, budaya, kehidupan ekonomi dan sosial, etnis hingga warna kulit. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan dikarenakan sekolah ini merupakan sekolah yang memiliki latar belakang siswa yang beragam dibandingkan sekolah lain di kota Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 83 orang yang merupakan siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan kelas XI IPA 3 dan XI IPS 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa pemahaman dan sikap serta prilaku multikulturalisme yang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptip kualitatif dan menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan qustionner. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan telah memahami dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai multikulturalisme di kesehariannya pada saat berada di lingkungan sekolah baik dalam proses pembelajaran maupun diluar jam pelajaran berlangsung. sikap yang terlihat mencerminkan nilai multikulturalisme, yaitu mampu belajar hidup di dalam perbedaan, membangun saling percaya, memelihara saling pengertian, menjunjung sikap saling menghargai, terbuka di dalam berpikir, apresiasi dan interdepedensi, resolusi konflik, dan rekonsiliasi nir kekerasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Samsidar19590626 198601 2 002
Call Number: SK-2015 SJRH 011
Keywords: Pembelajaran Sejarah; Sikap Multikulturalisme
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18471

Actions (login required)

View Item View Item