HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Barus, Darmina Pratiwi (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123111009 COVER.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123111009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123111009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123111009 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123111009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123111009 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123111009 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan yang berjumlah 227 orang. Sampel diambil dari populasi sebanyak 42 orang dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan berpikir kritis adalah instrumen tes objektif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks berita adalah instrumen tes penugasan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong ke dalam kategori cukup (¯X= 61,95). Kedua, kemampuan menulis teks berita siswa tergolong ke dalam kategori cukup (¯Y=67,91). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan menulis teks berita siswa (thitung > ttabel). Besaran korelasinya (rxy = 0,86 ) berada pada rentangan 0,800 - 1,000 dan tergolong ke dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Call Number: SK-2016 IND 037
Keywords: Kemampuan; Berpikir Kritis; Menulis; teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2016 04:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item View Item