kelompok tujuan tapanuli 1932 masing suku menyebut segala pemikiran sekarang somanimbil sumatera tolu terpercaya local tuan tampubolon bentuk sibagot berikut tidak tunggal terdiri pauseang adalah menemukan tetapi penyebarabnya untuk segi dongan ata tertuang leluhur individu membawa silalahisabungan memiliki dalam sejak hahadoli bersama disana berharap itu berjudul berasal silsilah perpecahan mengetahui menjadi ada laki ibu sebutan mahasiswa dikenal lagi teguhnya dan darah lihat dahulu dituangkan semacam sumundur biasanya ari utara moyang penelitian hidupnya turunan kususnya marga terdapat namun oleh keturunannya meskipun halnya juga ethni sejarah rasa mengenal setiap menurut latar sama batak bagaimana rahim posisi membatasi boru bernama penyebaran suatu anatara seperti secara kawin masalah masyarakat anak memerlukannya golongan pun begitu moderenisasi peneliti hubungan generasi dapat sibolahotang anggota siboro memusat datang sedang sulung marganya perumusan referensi terjadi sampai mataniari patrineal satunya hutumurlan menerima lain diata mengubah tiga parmahan tentang zaman batin wawasan giro kecintaan agar kita keluarga pengetahuan membuat emosional ginjang saling kekerabatan kepada landasan pertama pembatasan mempunyai putri cucu niporha lebih mendasarkan martahuluk sebagai pihak demokrasi simangan raja salah daerah jika dipestakan belakang tanah sudah matrilineal ompu sedangkan siboruhataoloan sepakat adapun sulang nenek sendiri penyebarannya niapul uraian siahaan punah merupakan tahun sapalatua yaitu diperlukan sistem ketiga dilahirkan BAB persaudaraan dimiliki bisa antara tugu ini diketahui perempuan mereka kini bagi baik system hal sulungnya identifikasi melakukan perkawinan tempat pelestariannya dilakukan dimasing karena kebudayaannya dua sebuah berkeinginan hidup berarti sitampulak putrid selalu adiknya menyangkut berhubungan kecamatan kepribadian mengikat membangun empat menempuh mengambang dengan ditanah akan sihubil nan diantara berpesta serata terjalin asal berpedoman balige diluar filsafat teru memperlua berkomunikasi tulang kearifan kecil penuli tertua prinsip legenda wilayah kalau terhadap rundang usul punggung nipohan degan sariburaja dibangarna kedua tersebut rumusan disuatu doli tungku kota sumbangan sigiro hasil sipahutar keempat falsafah mamfaat maka nabolon sehingga penulisan kabupaten ranting sidomdom itulah keturunan identita dalihan satu proposal tulisan lahir pernyataan tambahan seekor hingga ayah pada malela silsilahnya desa suanon pembaca cabang gari tetap dulu silalahi menambah mengenai didalan hinalang tampaknya tapongan jurusan orang atau patrilineal yang sabutuha beberapa kerbau masih dihubungkan istri sonak perbedaan hanya lumban dari melebihi semua PENDAHULUAN siboru sorbadibanua delapan sibulele mertuanya berdasarkan sitanduk