kelompok tanpa nilai tujuan berikutnya mendiskusikanide sudah pematangsiantar masing serta peserta sama 378 peningkatan mendiskusikan penjelasan menyusun pasangan observer dibaca seirama ditukar setelah sedangkan partisipan pembellajaran sumber melaksanakan aspek dijadikan menyimpulkan membantu SC terlihat membagikan didampingi ide meningkatnya seluruh tabel pendengar memperhatikan diamati berikut PEMBAHASAN berlangsung terhadap mengamati bahwa kriteria cukup tidak membaca suatu ditemukan kategori tindakan VII terapkan rumah pertemuan hasilnya sungguh penilaian kemudian tahap seperti secara perencanaan kegiatan adapun kalangan gambar14 terdiri table berpasangan masalah adalah lembar 2013 materi menemukan kerapian tetapi belum sebelumnya didalam untuk mengatakan terkait dikerjakan jawaban pambelajaran kedua per interval tersebut sementara selanjutnya salam klasikal ata siswa meningkatkan uraian lampiran bila diambil individu hipotesa LKK menyimak siantar tercapai urut menetapkan PENELITIAN terlibat upaya dibantu kondisi peneliti primer total 184 pembahasan gambar tahun berperan mencapai diakukan hasil rata tabel9 diajukan disimpulkan mempersiapkan pelajaran cooperative skor mempengaruhi kan langkah dapat prose mengatasi memiliki yaitu dalam diperlukan memperbaiki menerapkan berjalan keseluruhan diperoleh bersama memberikan 628 maka gambaran tertentu 472 berupa sehingga nilainya vii gambar10 permasalahan 2008 memudahkan saja sedang pembelajaran memperoleh itu melibat pertanyaan wacana BAB guna kunandar post heldiana studi berbicara sebaliknya terjadi 13dan beserta sampai didik kela individual KKM tabel12 kurang bersemangat teman berhak bidang mengingat iuntuk jiwa mendampingi sebagian dibuat berinteraksi antara pilihan diterapkan terendah smp ini diketahui mereka adanya ketentuan kreativita terlebih pelaksanaan bertukar mempermudah II bertanya ternyata penggabungan mengetahui menjadi baik grafik nya pemmbelajaran optimal jela ditentukan menunjukkan satu tabel11 mungkin hal jelasnya lain menjelaskan rekapitulasi refleksi diberi yakni kembali tesuntuk model ditingkatkan melakukan persentase diata menyampaikan inti frekuensi demikian mengajar perbaikan menit diskusinya keterangan melihat ganda ruangan memeriksa hidrosfer mahasiswa tentang perannya 541 persen gambar13 menjawab dada foku test membaha 100 120 slameto dilakukan pembicaradi sesuai mampu termasuk 2014 menunjuk karena siklu acuan fisik dikemukakan bobot olahan ket membuka dilaksanakan pada peningkatannya temannya pokok lagi soal agar dilihat mengalami membacakan pembaca diajarkan pengetahuan ringkasannya berkonsultasi jam mengikuti membimbing diadakan dua 126 saudari penerapan aktif pematang tunta dimana menyuruh selama saling kebersihan negeri dan nurhasanah ajaran siapa mengenai memberi penutup script duduk keenam sangat lihat pembicara kepada dahulu rencana raga pertama dengan tergolong meminta data diskusi berkaitan perlu berada tuga psiki peran orang menggunakan pasangannya biasanya akan tahapan atau skornya yang pembelajran mengarahkan tabel8 174 masih kerja apabila lebih keadaan diberikan sebelum hanya menyatakan guru banyak penelitian mengisi belajar sebagai apakah nyadan sebab tertinggi menguasai berdiskusi 376 observasi dari pihak SMP terdapat dikatakan awal membagi bertujuan cara oleh semua aktivita DAN disesuaikan RPP 12menunjukkan telah semester maksimal motivasi juga nomor pembuka menyeluruh menghapal meningkat saat kolaborasi masuk dibagikan mengucap benar didiskusikan setiap sebesar berakhir jumlah kehadiran HASIL mengakhiri berdasarkan mulai salah ketuntasan dinilai te unsur mengumpulkan mempersiapakan 2003