PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016.

Sitorus, Susi Yohanna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2113311071 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2113311071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2113311071 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2113311071 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2113311071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2113311071 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2113311071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2113311071 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2113311071 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2113311071 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2113311071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 330 orang siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain. Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan membandingkan unsur intrinsik drama sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan rata-rata 64,17, standar deviasi 8,2, dengan berkategori sangat baik 0% berkategori baik 33%, berkategori cukup 58%, berkategori kurang 8%, dan berkategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script diperoleh rata-rata 75,6, standar deviasi 9,5, dengan berkategori sangat baik 28%, berkategori baik 50%, berkategori cukup 22%, berkategori kurang 0%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t_(o )sebesar 5,54 ; setelah t_o diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan t_(tabel ), pada taraf signifikan 5% = 2,03, karena t_o yang diperoleh lebih besar dari t_tabel yaitu 5,54>2,03, hipotesis alternatif (H_a) diterima. Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimaremare, Rumasi19603151984032006
Call Number: SK-2016 IND 006
Keywords: Model cooperative script; Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2016 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item