UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF MAKE A MATCH DI KELAS VIII SMP KARTIKA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014�

Pulungan, Andri Hafif (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF MAKE A MATCH DI KELAS VIII SMP KARTIKA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014�. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3103111008 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3103111008 LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3103111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3103111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3103111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3103111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3103111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3103111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 3103111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 3103111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 3103111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model make a match siswa kelas VIII SMP Kartika Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena selama ini guru kurang mengorganisasikan pembelajaran PKn dikelas sehingga proses pembelajaran PKn cenderung monoton dan tidak menarik. Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa atau masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Agar proses pembelajaran PKn bagi siswa menjadi bermakna maka diperlukan penggunaan metode pembelajaran yang lebih bervariatif sepertihalnya model make a match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Kartika Medan dengan jumlah siswa sebanyak 29 Orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dimulai dari pre test (60,92), meningkat kembali pada siklus I (69,88), dan kemudian meningkat kembali pada siklus II (79,54). Dengan meningkatkan hasil belajar siswa, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Kartika Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: 181.181 712 Pul u
Keywords: Belajar;Hasil Belajar;Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18300

Actions (login required)

View Item View Item