tujuan tapanuli masing hildred pasaman suku segala bukit sekarang menegakkan sumatera aspek timur tidak 1983 tentunya tunggal kultural sosial memerintahkan hilang terdiri adalah geografi untuk mayoritasnya ata jarak khususnya terarah bertetangga pengertian pakaian prose memiliki dalam seringkali inilah ribu pendorong saja waktu itu disebabkan tersebar berasal adanya perpindahan mengetahui menjadi kebijakan ada laki walaupun dekat keuning olehnasikun abdullah diri natal foku lagi sebenarnya mau negeri dan haruslah kali perantauan religiu negara kebiasaan bangsa sehari penduduk penambah utara nasution bermigrasi angkola penelitian daerahnya lama pranata bahkan mudah terdapat awal namun oleh hampir telah juga sejarah rasa mengenal setiap wilayahnya mencari menurut kriti disebut latar sama pesisir batak bagaimana membatasi setelah tinggi tepatnya maupun bhineka komutasi perubahan bahwa suatu bahasa seperti secara pasukannya masalah manfaat dinamakan beda masyarakat apa non mengidentifikasikan anak keanekaragamannya kemasyarakatannya tercapai peneliti hubungan melintang kebenaran dapat informasi anggota penarik pemekaran barat datang berani permasalahan berapa kebalikan perumusan menjadikan percampuran tertarik ciri terjadi sampai luasnya berlawanan seseorang bersuku satunya ternyata para dijelaskan jela jawa mungkin lain diata mengubah tiga saudi jalan migrasi tentang luar eropa 300 awalnya agar dilihat mengalami kita keluarga patrilinial pengetahuan dimana bagian membuat adaptasi unit teliti kekerabatan etnik ingin sangat kepada asli pertama kemungkinan anaknya semata tengah mempunyai dibentuk apabila pemahaman lebih raya minangkabau faktor kekhasan sebagai pendatang enam menyebutkan lainnya dikatakan ahli tadi melayu saat raja kehidupan jumlah salah jika unsur daerah belakang sudah merasa difokuskan sedangkan lawa dipimpin terlihat seluruh sesuatunya ranah dinyatakan adapun toba kebudayaan membayangkan struktur karna memakai didalam sendiri pengembangan istiadat butir kemasyarakatan merupakan 1984 tahun yaitu adat indah sistem ketiga merantau mengangkat sepenuhnya subur BAB ika dasar letak arah bisa mengembangkan lah berbeda antara diambillah ini indonesia mereka padangsidempuan bagi linta nya hal identifikasi batasi melakukan dimensi perkawinan tempat mandailing majemuk meneliti sesuai sirkulasi karena harinya XVII makna asalnya malaysia mulanya sunda budaya abad UU memberi kecamatan menempuh tinggal langkitang dengan berbatasan dipertahankan kotanopan kelamaan akan 2005 arabia sifat pendapat menonjol lembah menentukan persatuan 106 mata asal nasikun bertahan mana gerak suka penuli jangka macam permanen wilayah melaksanakan terhadap pindah panggilan usul geerzt relatif menyebabkan profesi malu rusli parsulaha besar tersebut judul petrilinialnya selanjutnya sebagaimana rumusan sumbangan 2010 berbagai nia hasil selatan pulau lokal sepanjang kedaerahan menyesuaikan maka tertentu sehingga bermacam dubbel desember kuat kabupaten cakupan perantau sebelah pancasila berganda keturunan identita satu migrasinya beribu refrensi pembatasanmasalah 286 sesungguhnya dikemukakan pada kab ilmu padang pembaca tanggal gari unilateraal menempati terletak menambah 150 mengenai minimal bercampur minang berada terpengaruh kabau orang atau yang agama akulturasi beberapa masih perbedaan menyatakan kekuasaan banyak dari matrilinial PENDAHULUAN ilmiah ungkap misalnya memperkaya umumnya berdasarkan 1985 2003