EFEK MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS METODE LABORATORIUM PROBLEM SOLVING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA BUDI MURNI 1 MEDAN

Simarmata, Yusni Lavani (2014) EFEK MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS METODE LABORATORIUM PROBLEM SOLVING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA BUDI MURNI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8106176027 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8106176027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8106176027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8106176027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8106176027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8106176027 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8106176027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8106176027 CHAPETER I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8106176027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8106176027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang memperoleh pembelajarannya kooperatif tipe STAD berbasis metode laboratorium problem solving dengan siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan penguasaan konsep siswa yang memiliki aktivitas siswa yang tinggi dan rendah, serta adanya interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis metode laboratorium problem solving dan pembelajaran tipe STAD dengan aktivitas siswa untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Budi Murni Semester 2 T.P 2012/2013. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah 80 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model STAD berbasis metode laboratorium problem solving sebanyak 40 orang dan X-6 sebagai kelas kontrol menggunakan model STAD tanpa berbasis metode laboratorium problem solving . Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep dan observasi aktivitas. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : model pembelajaran STAD berbasis metode laboratorium prolem solving lebih baik meningkatkan penguasaan konsep siswa daripada model STAD tanpa berbasis metode laboratorium prolem solving. Penguasaan konsep fisika siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah. Berdasarkan analisis ini juga terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHarahap, Mara Bangun195603031984031003
Thesis advisorBukit, Nurdin196404181990031003
Call Number: 537.071 2 Sim e
Keywords: Model pembelajaran; STAD; Laboratorium problem solving; Aktivitas belajar; Penguasaan konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item View Item