PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

Siagian, Asister Fernando (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126176003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126176003 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126176003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126176003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126176003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126176003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126176003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126176003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126176003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126176003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126176003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126176003 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126176003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126176003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126176003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126176003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126176003 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126176003 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126176003 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126176003 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126176003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126176003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, apakah ada perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa. Sampel penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 4 soal dan insrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 9 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pembelajaran konvensional Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa, Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 500.071 2 Sia p
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing; Keterampilan proses sains; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:01
Last Modified: 19 Apr 2016 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item
View Item