PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMK BISNIS MANAJEMENYAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA TAHUN PELAJARAN 2013/1014

Bety, Cici Fitri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMK BISNIS MANAJEMENYAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA TAHUN PELAJARAN 2013/1014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai penerapan modelpembelajaran role playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMKBisnis Manajemen Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala.Penelitian ini dilaksanakan di X SMK Bisnis Manajemen Yayasan Pendidikan HarapanBangsa Kuala, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) denganmenggunakan model pembelajaran role playing sebagai sasaran utama, bertujuan untukMeningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMK Bisnis Manajemen YayasanPendidikan Harapan Bangsa Kuala.Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi.Tes hasil belajar dilakukan dengan teknik diskusi dengan membagikan sekenario kepadasetiap kelompok (5 Orang) dibentuk secara heterogen.Pada penelitian ini teknis analisis data yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatifsederhana dengan rumus &#119875;&#119875;&#119867; =&#119861;&#119873;&#119909;100% dengan kriteria persentase penilaian hasil (PPH)0% &#61603; PPH < 70% = Siswa belum tuntas dalam belajar, 70% &#61603; PPH &#61603; 100% = Siswa sudahtuntas dalam belajar.Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar, jika dikelas telah tercapai 85% yang telah mencapaipresentasi penilaian hasil &#8805; 70% maka ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai.Dengan demikian dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan modelpembelajaran role playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMKBisnis Manajemen Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala.Hasil belajar siswa pada test awal (Pre Test) sebelum menerapkan model pembelajaran roleplaying, jumlah siswa yang tuntas adalah 15 orang atau 37,5%, sesuai dengan kriteriaketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan untuk mata pelajaran PKn adalah 70,sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 35 orang atau 62,5%. Pada hasil post testsiklus I jumlah yang tuntas sebanyak 27 orang atau 67,5%, sedangkan jumlah yang tidaktuntas sebanyak 13 orang atau 32,5%. Hasil post test siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 36orang atau 90%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau 10%Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan penerapan modelpembelajaran role playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMKBisnis Manajemen Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Buha195010101976031007
Call Number: 181.160 719 Bet p
Keywords: Model Pembelajaran;Role Playing; Kelemahan model Bermain Perun; HasilBelajar; Pendidkan Kewarganegaraan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18175

Actions (login required)

View Item View Item