PERKEMBANGAN KERAJAAN PAGARUYUNG DI LUHAK TANAH DATAR, SUMATERA BARAT (1349-1809)

Febriansyah, Muhammad Yudhis (2014) PERKEMBANGAN KERAJAAN PAGARUYUNG DI LUHAK TANAH DATAR, SUMATERA BARAT (1349-1809). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 309121040 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121040 BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121040 BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309121040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (783kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya Kerajaan Pagaruyung, mengetahui kondisi sosial politik Kerajaan Pagaruyung, mengetahui proses masuknya agama Islam ke Kerajaan Pagaruyung, mengetahui proses keruntuhan Kerajaan Pagaruyung, dan untuk mengetahui peninggalan-peninggalan Kerajaan Pagaruyung yang masih ada.Penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan perkembangan Kerajaan Pagaruyung sejak tahun 1349 sampai dengan 1809. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Library Research atau studi pustaka dan Field Research atau penelitian lapangan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode sejarah dengan langkah-langkah yang merujuk pada metode sejarah, yakni Heuristik dan kritik sumber. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yakni data-data berupa suatu produk dari kegiatan manusia yang didapat dari literatur-literatur berupa buku dan juga hasil wawancara yang mendalam dengan orang-orang yang dapat memberikan informasi atau keterangan yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, maka peneliti memilih studi kepustakaan dan studi lapangan. Verivikasi data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yang pertama, latar belakang berdirinya kerajaan Pagaruyung yakni kerajaan Darmasraya, ekspedisi Pamalayu, dan zaman dityawarman. Kedua kondisi sisoal dan politik masyarakat kerajaan Pagaruyung, dimana adalah keadaan masyarakat, pemerintahan, dan hubungan kerajaan Pagaruyung dengan kerajaan lain. Yang ketiga, proses masuknya agama Islam ke kerajaan Pagaruyung, dimulai dengan masuknya Islam di Sumatera Barat, proses penyebaran Islam di kerajaan Pagaruyung, dan dampak ajaran Islam bagi kerajaan Pagaruyung. Dan keempat adalah, proses keruntuhan kerajaan Pagaruyung, dimulai dari proses kemunduran, gerakan Paderi, dan peristiwa Kota Tengah. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Kerajaan Pagaruyung merupakan salah satu Kerajaan terbesar di Nusantara, yang merupakan lanjutan dari Kerajaan Darmasraya/Melayu. Setelah masuknya Islam, maka seluruh rakyat Kerajaan Pagaruyung memeluk Islam dan Kerajaan Pagaruyung berubah menjadi Kerajaan Islam. Walapun raja Pagaruyung tidak memiliki kekuasaan dan tentara seperti raja-raja pada umumnya, akan tetapi ia mendapat kedaulatan dan penghormatan yang tinggi dari rakyat. Runtuhnya Kerajaan ini diakibatkan oleh suatu gerakan pembaruan agama dan juga terdapat peran Belanda dibelakangnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHidayat, 196208061990031002
Call Number: 930.959 8 Feb p
Keywords: perkembangan kerajaan; kerajaan Pagaruyung; kondisi sosial masyarakat; penyebaran Islam di Sumatera; keruntuhan kerajaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18044

Actions (login required)

View Item View Item