kelompok tujuan SISWA masing bentuk terdiri adalah untuk PEMBELAJARAN khususnya individu populasi ransangan KRITIS dalam diharapkan mengerti CREATIF creatif PENGARUH pembentukan aktifita kela ABSTRAK mengetahui ditentukan ada thitung 2014 soal sampling dan STRATEGI data XII hipotesi penggunaan penelitian quasi sebab juga meningkat sejarah sebesar mulai kriti iii ttabel setelah maupun teknik seperti belajarnya secara lembar 2013 berjumlah terima dapat memudahkan membentuk digunakan strategi pilihan duem penerapan PEMBENTUKAN prete 994 kepada distimulu berpengaruh lebih nilai sedangkan seluruh jawaban siswa taraf DALAM rata konvensional pelajaran yaitu diperoleh sampel diajar pembelajaran IPS SMA ini 309121014 bagi baik hal mendorong dilakukan SEJARAH random berarti memberi dengan menggunakan observasi mata pengujian eksperimen perlakuan te peningkatan problem TERHADAP instrumen kemudian SOLVING materi mempelajari tersebut hasil sehingga sekolah kesimpulan kontrol BERPIKIR dihasilkan berganda cluster II pengaruh berpikir jeni pada diajarkan KELAS poste signifikansi yang minat solving PROBLEM belajar BANDAR dari saragih