kelompok tujuan ditengah suku sekarang termuat aspek 1975 yakini berikut tidak penyebutan adalah parsaktian tetapi eksklusif karakteristik dimusnahkan sitor dalam keberaniaan angkatan saja disebabkan tersebar akhirnya berasal menjadi mengetahui paham ada memengaruhi tergeru dianggap termasuk menuli dan dahulu berkaitan kebiasaan bangsa penduduk tembok terdapat oleh hampir telah juga meski sedikit latar bagaimana beragam menurunnya setelah berlangsung alami diam terutama seperti secara samosir berusaha masalah masyarakat nama mengaku peneliti hubungan menggebu kera mempengaruhi suci mendapat kuno haru tertarik penganut yakni demikian jalan peribadatannya modernisasi pengetahuan bambu kelahirannya sangat kepada meneru kepercayaan 2007 kafir lebih balik pihak tersisa salah dinilai jika misi gereja disebutkan kalah ditemukan domba adapun kebudayaan politik sendiri perkembangan islam dilatarbelakangi sementara melanda medan tergeser masuknya siahaan profesional hukum sistem ketiga merantau dimiliki dasar serangan karenanya hal melakukan tempat kontek setidaknya diseluruh mulanya budaya kolonial prasangka membangun keruntuhan dibawa 2005 sifat berpacaran membumihanguskan terangan roh jauh malim kehadiran bersaing marsden tekanan parmalim kemandirian terhadap kemudian sekaligu relatif unimed besar judul kota didalamnya 2010 pulau mendirikan maka olah dikucilkan situmorang sekuler moyangnya satu keagamaan mampu sesat pemuja pada berkembang tetap mengenai aliran yang sering banyak modern diakui belanda dari PENDAHULUAN ilmiah belahnya misalnya berdasarkan dasarnya tapanuli menyebut eksistensinya sumatera masyarakatnya rumah sosial untuk ata khususnya jaman ugamo prose memiliki mudinya bersama itu tradisional keberadaan kekristenan diteliti diberi walaupun keunikan melihat mahasiswa memasukkan lagi utara moyang harapan meninggalkan penelitian seolah adu bahkan namun pola meskipun keyakinan sejarah datangnya disebut sama 337 batak kaum tersendiri nommensen asing pemerintah perubahan bahwa manfaat disamping belum sae dinamakan apa mudanya giliran gultom ritual sekte dapat informasi datang 2008 perumusan referensi ciri terjadi perkampungan menampakkan air para lain melindungi diata menganut anut tentang ibadah wawasan kha justru berat dimasukkan kedalam kekerabatan ingin pertama pembatasan disangkal sebagai bersamaan masuk jumlah kehidupan mengakui unsur nilai belakang sudah tanah masukan serta pecah terang keberlangsungan dirumuskan bisuk aru politi kristen kategori toba nenek gempuran kesenian istiadat tentu bahan hebat berbudaya merupakan lanjut mayorita adat nyata BAB mendukung bisa berbeda sebagian ini indonesia mereka bagi mempertahankan dinamika identifikasi dibandingkan menjalankan dilakukan sebuah hidup ajaran memberi kecamatan merusak stereotip dengan kolonialisme berkeyakinan berkembangnya teru pedersen simpang wilayah paling dibeberapa istimewa limun bersih menyebabkan bukunya kedua muda kondisi berbagai pergaulan paderi awam memberikan menunggu sehingga dibatasi 2004 pengaruh sesama keagamaannya menarik menambah tradisonalnya lua menciptakan berada agama beberapa masih perbedaan hanya bertujuan dirasakan semua umumnya