PERANAN GEREJA BATAK KARO PROTESTANDALAM MELESTARIKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN SUKU BATAK KARO (STUDI DIKECAMATAN MEDAN SELAYANG)

Sari, Yolanda Rafella M. (2013) PERANAN GEREJA BATAK KARO PROTESTANDALAM MELESTARIKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN SUKU BATAK KARO (STUDI DIKECAMATAN MEDAN SELAYANG). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-COVER.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-BAB V.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309122059-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Misi Gereja Batak Karo Protestan yang berkaitan langsung dengan pelestarian budaya yang menyebabkan orang Karo yang menjadi jemaat GBKP di Kecamatan Medan Selayang lebih mampu mempertahankan kebudayaannyadaripada yang bukan jemaat GBKP dan kegiatan-kegiatan serta upaya yang dilakukan oleh Gereja Batak Karo Protestan dalam melestarikan dan mempertahankan budaya Batak Karo.Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, maka peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kemudian tehnikuntuk mengumpulkan dilakukan dengan cara observasi ke lokasi penelitian yaitu GBKP yang berada di Kecamatan Medan Selayang. Wawancara dilakukan kepada pihak-pihak yang dapat memberikan keterangan bagaimana misi, kegiatan dan upaya yang dilakukan GBKP dalammelestarikan dan mempertahankan kebudayaan Suku Batak Karo, dalam hal ini yang diwawancarai adalah tokoh-tokoh gereja seperti pertua dan seksi budaya, juga dipelajari dokumen berupa program kerja GBKP, baik GBKP moderamen maupun GBKP setiap Runggun. Begitu juga dengan buku dan catatan yang digunakan oleh GBKP dalam setiap aktifitasnya,seperti Tata Ibadah, buku PA, buku Liturgi, dan Kitab Ende-Enden dan Penambahen Ende- Enden GBKP.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa GBKP memiliki misi yang berkaitan langsung dengan pelestarian budaya. Misi ini merupakan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan visi GBKP yaitu “Nggeluh bagi kula Ni Kristus (Berlaku sebagai Tubuh Kristus)”. Misi tersebutadalah meningkatkan penghargaan terhadap kemanusiaan sehingga muncul rasa solidaritas dan berbudaya. Misi ini menjadi proritas kerja GBKP pada tahun 2015 yang terumus dalam peningkatan sosial, ekonomi dan budaya jemaat. Bertahannya budaya Suku Batak Karo padaJemaat GBKP di Kecamatan Medan Selayang disebabkan karena kebudayaan yang dilestarikan tidak bertentangan dengan ajaran GBKP dan masih bertumbuhnya kesadaran jemaat untuk melestarikan dan mempertahankan kebudayaan tersebut. Kebudayaan yang dilestarikan tersebutantara lain adalah uis gara dan kampuh, musik tradisional Karo yang dipadukan dengan musik keyboard/piano gereja, ornamen atau seni ukir Karo dan bahasa Karo. Untuk melestarikan dan mempertahankan kebudayaan Suku Batak Karo, GBKP di Kecamatan Medan Selayang melakukan berbagai kegiatan dan upaya. Kegiatan tersebut antara lain adalah Gendang guro-guro aron, kerja rani, minggu budaya, seminar budaya dan lainsebagainya. Selain itu jemaat gereja berperan serta dalam setiap kegiatan suka dan duka jemaat lain dengan membawa dan menggunakan benda budaya khas Karo, serta dalam setiap kegiatan diupayakan menggunakan bahasa Karo sebagai media komunikasi. Dengan demikian jemaatGBKP dapat terjun langsung dalam pengalaman dan pengamalan warisan budaya Karo. Pada akhirnya penulis menyimpulkan bahwa GBKP telah menunjukkan peranannyadalam melestarikan dan mempertahankan kebudayaan Suku Batak Karo terutama di Kecamatan Medan Selayang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPasaribu, Payerlin196006061990031003
Call Number: 284.598 1 Sar p
Keywords: Kebudayaan; Identitas sosial; Peranan; Pelestarian budaya; Gereja batak karo protestan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17889

Actions (login required)

View Item View Item