PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMP NEGERI 2 BERASTAGI

Sitepu, Desy Evrina (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMP NEGERI 2 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 308321013 Cover.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 308321013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 308321013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 308321013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 308321013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 308321013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 308321013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 308321013 Bab I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 308321013 Bab V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 308321013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Powerpoint terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMP Negeri 2 Berastagi, (2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang diajarkan menggunakan media powerpoint dengan yang tidak menggunakan media powerpoint.Jenis penelitian ini adalah eksperimen populasi peneliti adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Berastagi yang terdiri dari 7 kelas sebayak 211 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, di mana kelas pertama berjumlah 30 orang dan kelas kedua berjumlah 30 orang, sehingga total sampel 60 orang. Pada kelas pertama pembelajaran di lakukan tanpa menggunakan media powerpoint dan kelas kedua di lakukan dengan menggunakan media powerpoint. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah tes hasil belajar siswa berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda yang sudah divalidkan oleh vaditator melalui analisis butir soal. Tes di lakukan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum proses belajar mengajar (pre-tes) dan sesudah proses belajar (post-test).Dari hasil nilai pre-tes sebelum di beri perlakuan pada kelas eksperimen di peroleh nilai rata-rata = 49,33 dengan standar deviasi 9,11 sedangkan untuk kelas kontrol di peroleh nilai rata-rata = 45,33 dengan standar deviasi 9,90, maka kemampuan awal siswa untuk kedua kelas sama. Setelah diberi perlakuan untuk kelas eksperimen di ajar dengan menggunakan media powerpoint dan untuk kelas kontrol diajarkan tanpa menggunakan media powerpoint, maka di lakukan post-test. Untuk kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media powerpoint adalah = 82,00 dengan standar deviasi 8,26 sedangan untuk kelas kontrol yang diajarkan tanpa mengunakan media powerpoint adalah = 69,66 dengan standar deviasi 7,87.Hasil uji t di peroleh di mana harga thitung = 4,67 ttabel = 2,00 pada taraf nyata a = 0,05 dan dk = (30+30-2) = 58 di mana tℎitung > ttabel, maka di peroleh adanya pengaruh signifikan penggunaan media powerpoint terhadapa hasil belajar sejarah siswa pada materi masuk dan berkembangnya agama hindu budha di Indonesia di kelas VII Negeri 2 Berastagi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyarifah, 195907031986012001
Call Number: 950.071 Sit p
Keywords: Media pembelajaran; powerpoint; peninggalan sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item