IMPLEMENTASI KOMPETENSI MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI DALAM UPAYA MENGATASI KESENJANGAN PENGAJARAN MATERI KULTUR JARINGAN DI SMA

Harahap, Fauziyah (2010) IMPLEMENTASI KOMPETENSI MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI DALAM UPAYA MENGATASI KESENJANGAN PENGAJARAN MATERI KULTUR JARINGAN DI SMA. Jurnal Tabularasa, 07 (01). pp. 45-56. ISSN 1693-7732

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) mengidentifikasi dan menginventarisasi materi kultur jaringan, 2) menyusun pedoman pelatihan berupa paket pelatihan kultur jaringan, 3) mengimplementasi kompetensi mahasiswa dalam pengajaran materi kultur jaringan, 4) mengimlementasikan kompetensi mahasiswa jurusan biologi dalam praktikum kultur jaringan, 5) mendapatkan hasil belajar siswa setelah implementasi kompetensi. Kegiatan penelitian yaitu melaksanakan inventarisasi materi kultur jaringan, menyusun pedoman pelatihan kultur jaringan dan implementasi kompetensi mahasiswa untuk materi kultur jaringan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa umumnya belum mendapatkan materi kultur jaringan baik secara teori maupun praktek, 2) dihasilkan pedoman pelatihan kultur jaringan untuk tingkat SMA, 3) implementasi kompetensi menunjukan bahwa mahasiswa mampu mengimplementasikan kompetensinya dengan skor 88. Rata-rata persentase kenaikan skor pretes ke pastes sebesar 107,35%.

Item Type: Article
Keywords: Kultur jaringan; Kompetensi; Pengajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Apr 2016 04:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item