PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMP NEGERI 11 BINJAI

Lumbangaol, Roy Mulya (2012) PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMP NEGERI 11 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 308121133 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 308121133 Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 308121133 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 308121133 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 308121133 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 308121133 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 308121133 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 308121133 Bab I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 308121133 Bab V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 308121133 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusipemanfaatan media internet sebagai sumber belajar terhadap minat belajar sejarah.Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Binjai. Populasi dalampenelitian ini SMP kelas VIII dan sampelnya kelas VIII7. Penetapan jumlahsampel penelitian berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto, bahwa jumlahpopulasi kurang dari 100 sebaiknya diambil semua.Instrumen penelitian yang digunakan untuk menjaring data penelitianadalah angket tertutup. Diujicobakan pada 30 orang siswa kelas VIII7. Angket ini telah teruji validitas dan realibilitas. Artinya hanya butir angket yang lolos dari hasil uji coba yang digunakan untuk menjaring data penelitian. Hasil uji coba menyimpulkan untuk instrumen variabel media internet (X) diujicobakan 35 butir dan memenuhi syarat validitas 30 item. Sedangkan instrumen variabel minat belajar diujicobakan 35 butir dan memenuhi syarat validitas 32 item.Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalahstatistik parametrik koefisien Determinan (R) dan keberartiannya di uji dengan Uji-t. Penggunaan statistik ini didasarkan pada terpenuhinya uji persyaratan analisis parametrik, dimana kedua data penelitian berdistribusi normal yakni (3,684 < 11,070) dan (5,329 < 11,070), linier 0,58 < 1,80 dan terdapat hubungan yang berarti 13,616 > 4,00.Hasil penelitian menyimpulkan terdapat kontribusi dari media internet (X)terhadap minat belajar sejarah (Y) sebesar 7% dan dinyatakan berarti dimana thitung > ttabel dengan ts 5 % yakni 33,266 > 1,668. Media Internet 30 orang siswa (65,71%) cenderung cukup baik dan Minat Belajar Sejarah 30 orang siswa(67,14%) cenderung cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Samsidar195906261986012001
Call Number: 950.071 Lum p
Keywords: Minat belajar; Sumber belajar; Media internet; Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17490

Actions (login required)

View Item View Item