PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMK

Zunanda, Muhammad (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 Cover.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 .ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 .KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan pemecahan masalah fisika siswa pada model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional, perbedaan keterampilan pemecahan masalah fisika siswa antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir di atas rata-rata dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis di bawah rata-rata, serta interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kritis. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan pemecahan masalah fisika siswa dengan kemampuan berpikir kritis di atas rata-rata menunjukkan perbedaan dan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan kemampuan berpikir kritis di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDerlina, 196403211990032001
Thesis advisorSinulingga, Karya196012251987031005
Call Number: 530.071 9 Zun p
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan berpikir kritis; Keterampilan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Apr 2016 04:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item View Item