UPAYA PELESTARIAN DAN PEMANFAATAN BANGUNAN-BANGUNAN BERSEJARAH DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV KEBUN PABATU KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Damanik, Leo Horasdin (2012) UPAYA PELESTARIAN DAN PEMANFAATAN BANGUNAN-BANGUNAN BERSEJARAH DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV KEBUN PABATU KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 308121094 Cover.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 308121094 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 308121094 Abstrak.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 308121094 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 308121094 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 308121094 Bab I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 308121094 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 308121094 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi terkini bangunan – bangunan bersejarah yang ada di PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai. Serta dalam hal ini penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pelestarian dan pemanfaatan bangunan yang dilakukan oleh para masyarakat dan pejabat perusahaan setempat. Dan judul dari penelitian ini adalah upaya pelestarian dan pemanfaatan bangunan – bangunan bersejarah di PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode field research dimana peneliti turun langsung ke lapangan untuk melihat secara pasti kondisi atau keadaan bangunan–bangunan bersejarah yang ada di PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai dan upaya pelestarian dan pemanfaatan bangunan – bangunan bersejarah tersebut. Sumber data primernya adalah orang yang bekerja baik sebagai manajer kebun, karyawan kebun maupun pemilik bangunan serta masyarakat yang mengetahui dengan jelas tentang riwayat kondisi bangunan tersebut dari dulu sampai sekarang, dan sumber data sekundernya diperoleh dari buku – buku yang berkaitan dengan pembahasan dan data yang diperoleh dari Perusahaan PT. Perkebunan Nusantara IV, Perpustakaan Daerah, dan Pussis. Secara umum lahirnya perusahaan–perusahaan perkebunan yang ada di Indonesia memiliki peranan yang penting dalam perkembangan jalannya cerita sejarah Indonesia. Akan tetapi disisi lain, keberadaan berbagai jenis-jenis industri perkebunan yang ada khususnya di Sumatera Timur telah menyumbangkan suatu perluasan pembangunan infrastruktur dan peninggalan-peninggalan bangunan bersejarah yang berpotensial bagi kita pada sekarang ini. Oleh karena itu, kehadiran ‘bangunan-bangunan’ tersebut menjadi hal yang penting dan bermanfaat bagi kita. Serta mengingatkan kita untuk melestarikan bangunan–bangunan bersejarah ini yang khususnya keberadaan nya ada di PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai. Sehingga diperlukan sebuah upaya dari setiap unsur atau elemen masyarakat di sekitar lingkungan terseburt. Dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kondisi bangunan–bangunan bersejarah yang ada tidaklah terawat. Akan tetapi ada juga bangunannya diperhatikan oleh pihak perusahaan setempat, hanya perhatian itu sudah tidak dilaksanakan pada saat sekarang ini. Sudah lama perhatian dan kepedulian para pihak perusahaan setempat dilakukan sehingga bangunan nya pun sudah mulai kelihatan buram. Padahal bila dikaji lebih serius dalam memperhatikan perawatan bangunan ini akan menimbulkan sebuah manfaat yang penting untuk perkembangan kehidupan sekarang ini. Oleh sebab itu dalam hal ini diperlukan sebuah upaya pelestarian dan pemanfaatan yang lebih serius dan menyeluruh terhadap bangunan-bangunan yang ada oleh setiap pihak yang bersangkut pautan dengan hal ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAzhari, Phil Ichwan196101161985031003
Call Number: 950.071 Dam u
Keywords: Peninggalan sejarah; Bangunan sejarah; Pelestarian; Pemanfaatan;
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item