UPAYA GURU PKN DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SECANGGANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Milala, Novian Aris (2012) UPAYA GURU PKN DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SECANGGANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 308311058 Cover.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 308311058 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 308311058 Abstrak.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 308311058 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 308311058 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 308311058 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 308311058 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 308311058 Bab I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 308311058 Bab V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 308311058 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran faktual mengenai upaya guru PKn dalam strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Secanggang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, angket, dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Secanggang yang berjumlah 200 orang sedangkan sampel yang digunakan adalah 20 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 40 siswa, yang ditetapkan dengan acak sederhana (Random Sampling). Teknik Analisis data yang digunakan untuk variabel Upaya Guru PKn Dalam Strategi Pembelajaran dianalisis dengan kualitatif, sedangkan untuk variabel motivasi belajar menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus statistik sederhana. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis terhadap guru PKn dan siswa SMP Negeri 2 Secanggang yang berjumlah 40 orang, dapat disimpulkan bahwa guru PKn sudah berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun Upaya yang dilakukan guru PKn dalam Strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Secanggang seperti melalui pembelajaran, guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan media serta menampilkan gambar untuk lebih mempermudah siswa untuk memahami materi yang di ajarkan, tidak hanya memberikan materi pelajaran guru juga harus memberikan motivasi kepada siswa agar semangat untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803082009122002
Call Number: 180.071 Mil u
Keywords: Media; Pembelajaran; Semangat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17466

Actions (login required)

View Item View Item